Apa itu React Native?

Apa Itu React Native? Yuk Langsung Aja Berkenalan

Apa Itu React Native – Memasuki era yang semakin serba canggih, orang-orang menginginkan kendali ada dalam genggaman mereka. Sebut saja melalui gadget, ponsel, dan semacamnya. Para developers pun berlomba-lomba memenuhi tuntutan ini dengan menciptakan aplikasi yang menjawab kebutuhan pengguna, bersaing secara kecepatan, kenyamanan, dan desain yang semenarik mungkin (tentunya dengan cara yang juga se-efisien mungkin).

Melampaui pencarian Android dan iOS di Google Trends akhir-akhir ini, React Native menjadi trend baru di dunia pemograman. Sempat dikenalkan oleh Samsung dan Microsoft pada 2016, penggunaan React Native cukup pesat, sebanyak 124 rilis oleh 1002 kontributor yang membuatnya menduduki posisi ke-14 repositori paling diminati di Github. Sudah banyak Windows Platform dan smart TV apps dibuat menggunakan React Native. Ia kemudian digadang-gadang akan menjadi masa depan bagi para mobile app developer.

Baca juga :

Tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Transformasi Digital 

Mobile App untuk Efisiensi Bisnis Anda

Lalu Apa Itu React Native?

Merupakan versi asli (native) dari Javascript library, React Native memiliki kecepatan tinggi, peforma yang baik, dan mudah untuk di–debug. Ia menggunakan dasar user interface building blocks yang sama dengan yang digunakan oleh iOS dan Android, namun dikumpulkan oleh React dan Javascript. Kenapa kemudian ia menjadi sangat diminati?

1. dengan hanya satu corecode, React Native kompatibel digunakan di berbagai platform seperti iOS dan Android. Ia dilengkapi platform modul dan ekstensi yang mampu mendeteksi dan menyesuaikan file yang dijalankan berdasarkan OS yang dipakai.

2. sesuai namanya, ia berfungsi sebagaimana native app dan memiliki peforma nyaris tanpa cela.

3. instant update. Sehingga harus dipastikan penggunanya bisa menikmati versi update tanpa masalah-masalah yang muncul terkait versi lama.

4. sangat mudah dipelajari karena menggunakan bahasa dasar. Bagi para pemula yang baru bersentuhan dengan Javascript, React Native adalah tool yang tepat.

5. React Native menawarkan lingkungan yang ramah dimana modifikasi dan implementasi dapat dilakukan selagi aplikasi dijalankan tanpa harus direstart. Juga terdapat flexbox layout engine yang memungkinkan kamu menggunakan satu layout engine di platform dan web sehigga akses ke debugger dan profiling tools lebih mudah. Last but not least, dengan dukungan dari Facebook, Instagram, dan komunitas developer yang luas, React Native berpotensi besar untuk menciptakan aplikasi yang kompetitif dengan prospek menjanjikan dan cukup sustainable.

Mau mahir membuat aplikasi menggunakan React Native dalam waktu satu minggu? Book your seat now! Join the Class

 

No comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: