5G siap Luncurkan di Indonesia?

Jaringan adalah aspek penting dalam dunia telekomunikasi seperti yang kita gunakan saat ini yaitu jaringan 4G/LTE, jaringan 4G mengusung kecepatan downlink 300 Mbps dan kecepatan Uplink hingga 75 Mbps, itu adalah kecepatan yang sangat cukup untuk pengguna social media, dimana di Indonesia termasuk 3 besar pengguna social media dengan pertumbuhan yang cukup besar di dunia.

Pada tahun 2018 munculah jaringan 5G sebagai penerus 4G. banyak negara yang menyatakan untuk segera memakai jaringan 5G, dengan banyak negara maju yang antusias untuk memakai jaringan 5G. secara mendadak Qatar menyatakan diri sebagai pengguna jaringan 5G Pertama pada Mei 2018, dengan mengusung jaringan 5G dengan pita spektrum 3.5GHz atau dengan kecepatan 10 kali lipat dari jaringan sebelumnya, ini menjadi terobosan penting bagi industry telekomunikasi di seluruh dunia.

Lalu apakah Indonesia akan mengikuti jejak Qatar untuk pemasangan jaringan 5G?
Pemerintahan melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Menilai bahwa pemasangan jaringan 5G di masa mendatang memberikan kontribusi yang sangat besar untuk ekonomi global tahun 2035. Untuk menaggapi hal tersebut Indonesia pada kesempatan di event yang menhadirkan anggota International Telecomunication Union (ITU) regional Asia Pasifik memaparkan Roadmap 5G dari tahun 2017-2022 di Indonesia.

Dengan adanya hal tersebut merupakan angin segar untuk Indonesia segera mengimplementasikan jaringan 5G, didukung dengan sebuah penyataan pernyataan “Saya undang seluruh peserta untuk menyaksikan trial 5G di Indonesia pada Asian Game ke 18 yang akan di selenggarakan pada bualan Agustus 2018”.

Asian Game 2018 semakin dekat. Dari sisi jaringan infrastruktur seluler, sejumlah operator telah menyiapkan sebuah hadiah berupa uji coba jaringan 5G. dua operator telekomunikasi yang akan melakukan trial 5G di sekitar kawasan Asian Game Jakarta dan Palembang. namun uji coba tersebut terbatas bukan untuk masyarakat umum luas pengguna seluler tetapi sebatas pengujian Internet of Things (IoT), misal mendemonstrasikan penggunaan mobil tanpa sopir.

Nah.. disini sedikit terjawab pertanyaan sebelumnya bahwa Indonesia akan mengimplementasikan jaringan 5G.

Ayoo Sukseskan Asian Game 2018….
5G untuk Indonesia lebih maju…

Source : Sri Maryati – Konsultan IT, itgid.org