Apa Saja Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Pelatihan Lead Auditor 9001:2015?

Banyak pelatihan (training) yang terlibat saat menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015, dan banyak perusahaan menawarkan berbagai jenis pelatihan bagi mereka yang akan menerapkan SMM. Singkatnya, Anda akan menemukan ISO 9001:2015 overview training, ISO 9001:2015 internal auditor training dan ISO 9001:2015 lead auditor training di antara banyaknya penawaran di luar sana, tapi mana pelatihan yang paling tepat untuk Anda?

Jika Anda berencana menjadi salah satu orang yang melakukan proses audit SMM, Anda harus mempertimbangkan pelatihan. Berikut adalah beberapa informasi mengenai hal apa saja yang terkait denganpelatihan Lead Auditor ISO 9001:2015 sehingga Anda dapat menilai apakah pelatihan tersebut yang sangat anda butuhkan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan apa saja  terlibat?

Pelatihan Lead Auditor ISO 9001:2015 ini bertujuan agar peserta memiliki kemampuan dasar dalam melakukan proses audit, mulai dari pemrograman audit, persiapan audit, pelaksanaan hingga tindak lanjut audit. Pemahaman persyaratan ISO 9001:2015 juga menjadi point penting bagi seorang lead auditor, untuk itu pelatihan ini diawali dengan pemahaman tiap klausul dari ISO 9001:2015. Pelatihan bagi seorang lead auditor disertifikasi oleh IRCA (International Register of Certified Auditor), dan pelatihan diberikan oleh seorang pelatih yang sudah menyandang gelar CLA (Certified Lead Auditor) dan tersertifikasi sebagai trainer Lead Auditor.

Kebanyakan pelatihan lead auditor dijadwalkan selama lima hari penuh. Secara umum, dua hari pertama pelatihan lead auditor akan difokuskan untuk membahas setiap klausul standar, menjelaskan secara rinci hal-hal apa saja yang terkait untuk mengimplementasikan klausul-klausul dan apa yang harus diperiksa untuk memastikan bahwa klausul tersebut diterapkan secara efektif. Dua setengah hari berikutnya akan difokuskan pada bagaimana mengaudit, termasuk perencanaan audit, persiapan audit, pembukaan rapat, pelaksanaan audit, penutupan rapat, pencatatan ketidaksesuaian, pelaporan audit, dan ditindak lanjuti.

Bagian kedua dari pelatihan ini mencakup role-playing exercises untuk memberikan para peserta pengalaman dalam audit dan untuk mengidentifikasi beberapa penemuan-penemuan dalam audit. Bagian pelatihan ini didasarkan pada ISO 19011, Pedoman untuk mengaudit sistem manajemen, yang memberikan “panduan dalam mengaudit sistem manajemen, termasuk prinsip-prinsip audit, pengelolaan program audit, dan audit sistem manajemen, serta panduan evaluasi Kompetensi individu yang terlibat dalam proses audit, termasuk orang yang mengelola program audit, auditor dan tim audit”. Hari terakhir akan ditutup dengan sebuah ujian untuk menunjukkan bahwa peserta telah memahami informasi yang dipresentasikan, dan mencakup pertanyaan seperti identifikasi Ketidaksesuaian dari data yang tersedia dan menjabarkan tindakan korektif.

Baca :

Siapa yang akan mengikuti pelatihan lead auditor?

Penting untuk dicatat bahwa meskipun waktu pelatihan dapat bervariasi, kontennya akan tetap sama. Alasannya adalah pelatihan lead auditor diperuntukkan bagi mereka yang akan menjadi auditor untuk lembaga sertifikasi yang mengaudit perusahaan secara individu dan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2015. Pelatihan lead auditor harus diakreditasi oleh badan pengawas yang memberikan akreditasi kepada auditor dan lembaga sertifikasi di negara tempat pelatihan diberikan.

Jadi, pelatihan lead auditor secara inheren dirancang untuk auditor lembaga sertifikasi, dan akan memiliki kemampuan dalam mengelola audit perusahaan skala besar secara keseluruhan terhadap semua proses bersama beberapa auditor lainnya. Pelatihan audit juga mencakup banyak elemen yang formal, seperti formal opening and closing meetings, yang mungkin tidak dilakukan di dalam perusahaan. Pelatihan tidak semua membutuhkan auditor lembaga sertifikasi (ada juga aspek terkait dengan pengalaman dalam melakukan audit), ini merupakan salah satu elemen yang dibutuhkan.

Lihat artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang menjadi Lead Auditor ISO 9001:2015, manfaat dan potensi masalah menjadi Lead Auditor ISO 9001:2015.

Mengapa Anda mendapatkan keuntungan dari pelatihan lead auditor?

Bagi anda yang memiliki pekerjaan untuk mengembangkan proses audit di internal perusahaan. Pelatihan ini memberikan kepada Auditor internal tentang persyaratan ISO 9001:2015 secara rinci, prinsip dan praktik audit auditor internal. Bagi anda yang hendak berkarir di bidang third party audit dari sebuah Badan Sertifikasi, pelatihan ini modal utama anda dalam memahami proses audit dilaksanakan dan teknik-teknik yang digunakan dalam melakukan proses third party audit.

Lead Auditor ISO 9001:2015 ini untuk mengembangkan potensi audit anda dalam meningkatkan kinerja perusahan.