Apa yang Membuat Anda Menyerah ?

never_give_up_by_inawaites-d5hdurpApa yang anda inginkan dalam hidup anda? Sewaktu kecil anda membayangkan diri anda menjadi dokter, pengacara, pemain sepakbola terbaik didunia, astronot, bahkan presiden suatu negara. Begitu banyak ide luar biasa yang kita miliki saat kita menjadi anak kecil, seringkali hilang disaat kita tumbuh menjadi dewasa. Kenapa? Bagaimana bisa ketika kita menjadi anak kecil, kita bisa memiliki ide yang begitu besar dan menjadi hanya sedikit saja yang mampu kita realisasikan saat menjadi dewasa? Apa yang hilang? Apa yang terjadi dari anak kecil yang tanpa batas dalam mengeksplorasi kemampuannya menjadi orang dewasa yang linglung?

Apakah orang tua, pemimpin anda, atau orang-orang disekeliling anda yang memprogram mereka karena akibat dari pengalaman kegagalan yang pernah mereka alami? Bagaimana anda bisa kehilangan jiwa petualang, jiwa pejuang yang selalu ingin mengeksplorasi apa saja ketika anda berumur 2 tahun disaat anda berani menjadi apa saja, dan melakukan apa saja karena yakin anda bisa? Apa yang membuat anda menyerah? Apa yang membuat anda menyerah pada kualitas dan skill terbaik dalam diri anda sendiri yang membuat diri anda unik didunia ini?

Mungkin hal itu terjadi karena anda berhenti mendengarkan suara hati anda sendiri dan mulai hidup dalam gambaran orang lain bahwa anda kurang baik, kurang pintar, kurang cantik, tidak punya bakat dan persepsi lainnya yang bisa jadi dihujamkan kepada anda. Mungkin perubahan anda itu dimulai dari ketika anda mendengarkan musik yang sama, film yang sama yang pada akhirnya memberikan anda gambaran yang sama. Karena satu hal yang harus harus kita sadari, bahwa setiap orang membutuhkan perubahan. Pada setiap orang ada kesamaan hasrat untuk menginginkan sesuatu yang lebih baik dalam segala hal. Entah apakah orang itu mau menyambutnya, mau melakukan kerja keras untuk mewujudkannya. Entah juga mungkin orang itu menghindarinya atau bahkan sama sekali pasrah.

Padahal perubahan itu ada dalam setiap detail kehidupan anda. Ada pada setiap kata-kata yang anda dengarkan, pada percakapan sehari-hari anda. Persahabatan anda yang anda bangun selama ini. Apakah orang yang berada disekeliling anda membantu anda? Atau malah mendorong anda menjauhi anda mencapai cita-cita anda. Apakah mereka memberikan ide-ide yang mendorong anda pada kemungkinan-kemungkinan yang tidak terbatas. Apakah mereka mendorong kreativitas dalam hidup anda yang membuat anda merasa benar-benar hidup?

Bagaimana dengan anda? Apakah anda mendisiplinkan diri anda? Apakah anda melakukan aksi untuk mewujudkan tujuan anda setiap harinya? Karena kebanyakan orang hanya berhalusinasi. Ketika berbicara mengenai bagaimana mewujudkan mimpi dan meraih suatu bentuk kesuksesan, mereka tidak memiliki petunjuk bagaimana cara mewujudkannya. Tujuan anda menuntut 100 persen yang terbaik dari diri anda. Tidak kurang dari 100 persen. Jangan terjebak dengan sukses yang instant karena keberhasilan adalah waktu-waktu yang penuh dengan perjuangan dan upaya. Apakah anda melatih pidato anda setiap harinya tanpa dilihat orang banyak atau datang ke kantor paling pagi dan pulang dari kantor paling terakhir. Untuk sukses membutuhkan disiplin, determinasi, fokus, dan komitmen untuk bangkit berulang-ulang kali. Itulah sebabnya sebagian besar orang tidak akan pernah sukses. Sukses jarang sekali terkait dengan ide dan rencana bisnis, tetapi sering kali berkaitan dengan kemauan untuk berubah, keinginan anda untuk membangun sikap baru yang lebih positif, kebiasaan baru yang lebih baik.

Sumber : fakhrurrojihasan.wordpress.com