Ingin Sukses di Dunia Kerja? Kuasai 8 Soft Skill Ini!

Bagi Pelaku Bisnis atau Top Management perusahaan, kualitas Sumber daya manusia merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan agar dapat menjalankan roda bisnis dengan optimal, kualitas tersebut bergantung kepada kompetensi sumber daya manusianya, salah satunya adalah kompetensi soft skill.

Dalam perusahaan karyawan tidak hanya dituntut mampu bekerja keras, loyal dan berkomitmen pada perusahaan. Kemampuan interaksi sosial atau soft skill juga harus dimiliki dan dikembangkan oleh setiap karyawan. Soft skillerat kaitannya dengan karakter dan kemampuan seseorang dalam berinteraksi sosial, diantaranya mampu mengekspresikan diri, kemampuan bekerja dalam tim, bepikir kritis dan masih banyak lagi, tidak sedikit yang menduga ini adalah ciri kepribadian yang didapat dari lahir. Padahal tidaklah demikian, kompetensi ini juga bisa dilatih seperti halnya hard skill.

Kompetensi soft skill berikut merupakan persyaratan standar yang pantas dimiliki agar sukses didunia kerja :

1. Ketrampilan Komunikasi

(Communication Skill)
Karyawan yang memiliki kemampuan mendengar, menulis dan berbicara yang baik dapat secara efektif mengkomunikasikan ide, masalah, dan rencana kerja kepada rekan dan tim nya, sehingga setiap orang memperoleh informasi dengan baik dan dapat dipastikan semua anggota tim memiliki pemahaman yang jelas.

2. Kepemimpinan (Leadership)

Karyawan dengan keterampilan kepemimpinan yang kuat sebagian besar memiliki kinerja yang unggul, karakter seperti ini akan ditempatkan pada posisi pemimpin karena kemampuannya dalam mengelola dan membagi sumber daya tim secara efektif, melakukan monitor pekerjaan dengan sistematis, serta cakap dalam memberikan motivasi dan pembinaan kepada tim nya.

3. Kemampuan bekerja dalam tim

(Team Work)
Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawannya mampu saling bekerjasama, sehingga terbentuklah tim kerja yang mampu merumuskan tujuan dan berbagi tugas untuk mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan perusahaan. Bekerja sama membutuhkan kepekaan sosial, fleksibilitas, koordinasi dan komunikasi yang tepat

4. Kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

(problem solving & decision making)
Tidak hanya dalam kehidupan pribadi dalam dunia kerja masalah dan kendala juga selalu ada, oleh karena itu perusahaan membutuhkan karyawan yang dapat mencari solusi tepat dengan menggunakan pendekatan sistematis dan bagaimana melibatkan orang lain dalam pemecahan masalah tersebut.

5. Teknik Berpikir Kreatif dan Inovatif

(Creative and Innovative Thinking)

Seseorang yang kreatif dan mampu berpikir di luar kebiasaan adalah orang yang dicari oleh setiap perusahaan. Orang yang kreatif berani melakukan dan memulai sesuatu yang berbeda, berani berperan dan membawa inovasi yang baru bagi perusahaan.

6. Sikap Mental Positif

(Possitive Mental Attitude)

Sikap positif akan mendorong seseorang untuk belajar atau mengerjakan tugasnya dengan baik, bahkan membawa suatu unit kerja atau perusahaan kearah  menjadi lebih baik.   Sikap positif bisa diawali dari pikiran positif, melihat segala sesuatu  dari sudut pandang positif.  Kegagalan tidak dianggap sebagai akhir dari tapi merupakan alat yang akan membuat dirinya lebih kuat.

7. Keterampilan Mengelola Waktu

(Time Management)

Sebagai karyawan yang memiliki orientasi pada hasil, keterampilan dalam mengelola waktu menjadi kunci agar dapat menyelesaikan tugas secara tepat waktu, karena perusahaan juga  berpacu dengan waktu dan target yang harus dicapai.

8. Kemampuan Negosiasi

(Negotiation Skill)

Mampu mempengaruhi orang lain agar bersedia membantu dan mendukung tercapainya tujuan pekerjaan dengan cara membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan dan tim kerja dalam arti positif.

Seminar, pelatihan, serta bantuan dari mentor dan orang yang ahli di bidangnya dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan soft skill, karena ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh, diantaranya:

  • Memiliki arah karir yang jelas, karena karyawan dengan soft skill yang baik akan memiliki kesempatan menduduki posisi tinggi lebih mudah.
  • Memiliki hubungan yang baik dengan setiap orang di perusahaan karena mampu bersikap dan memiliki penguasaan diri yang baik.
  • Meningkatkan peforma perusahaan karena karyawan adalah sumber daya terpenting dalam perkembangan perusahaan

Jadi tunggu apalagi, segera tingkatkan kompetensimu, Proxsis telah membantu ribuan profesional dalam mengembangkan kompetensi soft skill dengan berbagai metode terkini, dan memiliki tenaga ahli terpercaya serta berpengalaman.

Sumber : www.pelatihanpengembangansdm.co.id

Sumber gambar : Monkik/Shutterstock.com