Pentingnya Sertifikasi ISO di Dunia Bisnis Modern

sertifikasi-iso

Manfaat Standar Internasional

Sertifikasi ISO | Standar internasional adalah tulang punggung masyarakat kita, memastikan keamanan dan kualitas produk dan jasa, memfasilitasi perdagangan internasional dan meningkatkan kualitas lingkungan di mana kita hidup. Kesesuaian dengan Standar Internasional membantu meyakinkan konsumen bahwa produk, sistem dan organisasi yang aman, handal dan baik untuk lingkungan.

Keuntungan secara ekonomi dari standar internasional

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa standar internasional dapat meningkatkan bisnis dan perekonomian. Di Inggris, misalnya, pertumbuhan tahunan dilaporkan meningkat $ 8.2bn di PDB, sedangkan di Kanada, penggunaan standar telah mempengaruhi pertumbuhan pereknomian lebih dari $ 91bn sejak tahun 1981.

Untuk bisnis

Standar internasional adalah alat strategis dan pedoman untuk membantu perusahaan mengatasi beberapa tantangan di jaman bisnis modern ini. Mereka memastikan bahwa operasi bisnis yang seefisien mungkin, akan meningkatkan produktivitas dan membantu perusahaan memasuki pasar baru.

standar ISO membantu bisnis untuk:

  • menghemat biaya, melalui perbaikan sistem dan proses
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan, melalui peningkatan keamanan, mutu dan proses
  • Mengakses pasar baru, dengan memastikan kompatibilitas produk dan jasa
  • Mengurangi dampak yang timbul terhadap lingkungan.

ISO 9001, misalnya, telah terbukti dapat meningkatkan penjualan, kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan pangsa pasar (Manders 2014) dan ISO 14001 telah terbukti memiliki dampak positif pada kinerja lingkungan (de Vries et al, 2012).

Proses dalam membangun standar dapat meningkatkan keuntungan bagi bisnis. Sebuah studi yang dilakukan oleh AFNOR, anggota ISO untuk Perancis, menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki standarisasi melihat adanya pertumbuhan sebanyak 20% dalam setahun.

Kenapa Sertifikasi ISO Penting Bagi Perusahaan?

Sertifikasi dapat menjadi alat yang berguna untuk menambah kredibilitas, dengan menunjukkan bahwa produk atau jasa memenuhi harapan pelanggan Anda, untuk beberapa industri, sertifikasi legal or contractual requirement. Beberapa manfaat ini termasuk tetapi tidak terbatas pada;

  • Peningkatan Kredibilitas dan Pengakuan: sertifikasi ISO yang dikeluarkan oleh Standar Organisasi Internasional dan diterima di seluruh dunia. Oleh karena itu, memiliki sertifikasi ISO akan meningkatkan nilai perusahaan Anda terhadap pesaing Anda serta meningkatkan status Anda di antara klien Anda.
  • Peningkatan Pendapatan: Selama perusahaan anda telah tersertifikasi ISO, artinya kualitas perusahaan Anda telah teruji. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan ini sebagai bahan promosi dan penyesuaian harga produk anda. Memiliki produk yang lebih berkualitas juga akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan.
  • Peningkatan Konsistensi: ISO membantu Anda meningkatkan dalam mengendalikan proses bisnis dan anda lebih dapat mengontrol bisnis, maka semakin meningkat konsistensi anda. Peningkatan konsistensi berarti pelanggan Anda mendapatkan layanan yang sama atau produk yang sama setiap kali mereka bekerjasama dengan anda.
  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan: Pelanggan akan tahu bahwa produk dan jasa Anda akan selalu memiliki kualitas. Mereka akan tahu apa yang diharapkan dari Anda. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan akan meningkat terhadap produk anda.
  • Mengoptimalkan kinerja karyawan: sertifikat ISO membutuhkan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan Anda. Selain itu, memberikan alat yang diperlukan bagi karyawan anda untuk melakukan pekerjaan sesuai prosedur, instruksi dan metrik. sehingga, karyawan Anda akan meningkatkan kualitas terhadap pekerjaan dan dapat meningkatkan karier mereka.

Seperti yang anda ketahui, terdapat banyak keuntungan bagi perusahaan dengan Sertifikasi ISO. Namun, mendapatkan sertifikasi ini tidak semudah yang dibayangkan dan ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan terkait sertifikasi tersebut.

ISO mengembangkan Standar Internasional, seperti ISO 9001 dan ISO 14001, tapi mereka tidak terlibat dalam sertifikasi, dan tidak mengeluarkan sertifikat. Hal ini dilakukan oleh badan sertifikasi eksternal, sehingga perusahaan atau organisasi tidak dapat disertifikasi oleh ISO.

Namun Komite ISO Conformity Assessment Standards (CASCO) telah membuat sejumlah standar yang terkait dengan proses sertifikasi, yang digunakan oleh badan sertifikasi.

Ketika memilih lembaga sertifikasi, Anda harus:

  • Mengevaluasi beberapa badan sertifikasi.
  • Periksa apakah lembaga sertifikasi menggunakan standar CASCO yang relevan
  • Memeriksa apakah sudah terakreditasi. Akreditasi tidak wajib, dan non-akreditasi tidak berarti badan sertifikasi tersebut tidak lebih baik, tetapi tidak memberikan konfirmasi independen kompetensi. Untuk menemukan lembaga sertifikasi terakreditasi, hubungi badan akreditasi nasional di negara Anda atau kunjungi Forum Akreditasi Internasional.

Itulah keuntungannya jika perusahaan memiliki sertifikasi ISO dan alasan mengapa sertifikasi itu sangat penting. Semua hal tersebut akan mengarah kepada tujuan perusahaan yaitu meningkatkan keuntungan perusahaan.