Tanggung Jawab Manager atau Leader Dalam Perencanaan Karir

Salah satu pihak yang berperan signifikan dalam pengembangan karyawan dan karir adalah para atasan, manajer atau leader di perusahaan. Seperti pernah diuraikan sebelumnya, bahwa ada empat pihak di organisasi yang berperan dalam pengembangan individu atau karir karyawan. Peran atasan atau manajer atau leader menempati urutan ke dua terpenting untuk urusan karir.

Ada empat peran seorang atasan atau manajer atau leader bagi staffnya yaitu :

  1. Sebagai Coach
    Ini adalah peran atasan atau manager atau leader yang harus dapat menggali problem, minat, nilai-nilai maupun kebutuhan bagi karyawan. Sebagai coach, seorang atasan atau manager atau leader harus mampu mendengarkan, peka dan mampu mengklarifikasi kebutuhan karyawan sehingga karyawan bisa menggerakkan segenap potensi atau talenta yang ada di dalamnya.
  2. Sebagai Appraiser
    Peran disini menuntut kemampuan untuk memberikan feedback, menyusun standar kinerja yang diperlukan, membuat tanggungjawab dan wewenang staff serta mengaitkan antara kebutuhan karyawan dengan organisasi
  3. Sebagai Advisor
    Peran ini menuntut manager agar bisa memberikan opsi, membagi pengalaman atau pengetahuan, membantu menyusun perencanaan target atau sasaran anak buah serta rekomendasi yang dibutuhkan.
  4. Sebagai referral agent.
    Disini adalah bagaimana manajer mampu mengaitkan sumberdaya manusia yang dimilikinya dengan rencana karir yang ada baik dari sisi individu maupun sisi organisasi, selanjutnya melakukan tindak lanjut terhadap rencana karir yang sudah dibuat.

Jika manager mampu melaksanakan ke empat peran tersebut, maka penyusunan karir akan menjadi mudah, sistematis dan terstruktur. Bagi karyawan atau staff, mereka juga akan lebih percaya diri dan merasa diperhatikan karena ada perhatian dalam pengembangan individu. Tidak merasa menjadi obyek atau sumber daya yang hanya disuruh kerja saja.

Masalahnya adalah, apakah manager atau leader atau atasan di perusahaan sudah mampu menjalankan ke empat peran itu semua?

Sumber : ilmusdm.wordpress.com