Graha Teknologi Nusantara (GTN) Implementasi Risk Assessment Berbasis Threat, Vulnerability And Risk Assessment (TVRA)

Penilaian risiko terhadap infrastruktur, penting untuk mengidentifikasi komponen atau titik kritis di mana konsekuensi yang paling potensial akan menjadi yang tertinggi dan di mana aktivitas keamanan dan ketahanan dapat difokuskan. Pendekatan berbasis risiko akan menentukan tingkat perlindungan yang diperlukan untuk mengurangi tingkat risiko potensial. Ini akan melibatkan pertimbangan pada risk appetite pada tingkat risiko penerimaan. Selain langkah-langkah keamanan yang ada, metodologi risikonya juga akan mempertimbangkan mengenai ketentuan redundansi atau kontinjensi terhadap aset kritis dan target tujuan pemulihan. Metodologi TVRA Risk Management telah diterapkan untuk memenuhi penilaian risiko terhadap berbagai infrastruktur dan fasilitas yang sesuai dengan Moneter. Otoritas pengelolaan risiko teknologi Singapura (MAS) dan persyaratan keamanan nasional Kementerian Dalam Negeri (MHA).

TVRA (Threat Vulnerability Risk Assessment) “To identify security threats to and operational weaknesses in order to determine the level and type of protection that should be established to safeguard it” berdasarkan -Monetary Authority of Singapore (MAS)

Baca:

Threat, Vulnerability And Risk Assessment (TVRA) adalah suatau manajemen risiko untuk melindungi infrastruktur dan aset penting, disesuaikan dan diterapkan berdasarkan aset, sistem, jaringan, atau fungsional, bergantung pada layanan mendasar yang dimaksudkan untuk mendukung hal-hal yang terkait infrastruktur.

Karena operasi infrastruktur yang penting melibatkan proses, terutama bergantung pada aset tetap dan fasilitas fisik, penilaian risiko yang dilakukan berdasarkan aset demi aset dalam menentukan kekritisan dan risiko yang ditimbulkan pada proses dan peralatan dalam infrastruktur.

Proses TVRA melibatkan identifikasi ancaman aset penting dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh operasi infrastruktur yang sangat penting dan keselamatan pekerja saat berada di lokasi, menentukan cara terbaik untuk mengurangi ancaman tersebut, berdasarkan kemampuan dan persyaratan sumber daya saat ini.

Penilaian risiko umumnya mengidentifikasi ancaman skenario dari ancaman yang berlaku dan masuk akal untuk dinilai dan dianalisis secara individual. Skenario adalah situasi hipotetis yang terdiri dari ancaman yang teridentifikasi, entitas yang terkena dampak ancaman tersebut, dan kondisi terkait termasuk konsekuensi. Dalam mengidentifikasi skenario ancaman yang masuk akal untuk penilaian risiko, rangkaian skenario harus mencakup keseluruhan cakupan asesmen dan memberikan informasi lengkap kepada pembuat keputusan.

Demikian kegiatan simulasi dengan Graha Teknologi Nusantara (member of Lippo Group) dalam rangka kegiatan TVRA. Tujuan dan Ruang Lingkup kegiatan ini adalah melakukan TVRA atas produk dan layanan data center Graha Teknologi Nusantara dengan ruang lingkup risk assessment berbasis TVRA sesuai arahan dokumen TOR.

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: