IT Consulting for IT Governance

Dalam IT Governance terdiri dari 5 service, yaitu :

1 . IT Blue Print/Master Plan (TOGAF, Zachman, Kemeneg BUMN Standard)

Panduan srategis teknis bagi perusahaan dalam penggunaan Teknologi Informasi yang meliputi berbagai arsitektur teknologi mulai dari proses bisnis, informasi, aplikasi, infrastruktur sampai ke struktur organisasi.

2 . IT Governance (CoBIT, Kemeneg BUMN Standard)

Best practice yang menjadi panduan dalam tata kelola IT. Tata kelola IT lebih luas dari manajemen dimana didalamnya juga tercakup aspek, realisasi benefit, optimasi risiko dan optimasi sumber daya yang ada pada perusahaan.

3 . Data Governance

Suatu disiplin ilmu baru dalam manajemen IT yang meliputi kualitas data, manajemen data, data policy, business process management, sampai manajemen risiko dari penanganan data dalam perusahaan. Melalui data governance, perusahaan mengharapkan adanya control terkait dengan proses dan metode yang dilakukan terhadap data perusahaan.

4 . ICT Business Process Framework implementation (eTOM)

Framework proses yang diperuntukkan bagi industri telekomunikasi terutama proses bisnis yang berorientasi pada service (service provider). eTOM merupakan analogi untuk framework ITIL yang berfokus pada service management untuk IT.

5 . IT Project Management (ISO 21500)

Suatu panduan dalam melaksanakan project yang berbasis pada IT. Kompleksitas dan besarnya investasi yang diperlukan dalam project-project IT membuat perlunya adopsi best practice terkait dengan project management.

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: