KONSULTAN
ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) BERBASIS ISO 31000

Enterprise Risk Management (ERM) berbasis ISO 31000

 

Enterprise Risk Management (ERM) berbasis ISO 31000 adalah kemampuan organisasi untuk memahami dan mengendalikan tingkat risiko yang diambil dalam mengelola strategi bisnis, ditambah dengan akuntabilitas atas risiko yang diambil berbasis standar internasional ISO 31000.

Konsep enterprise risk management (ERM) telah ada selama beberapa tahun. ERM memperoleh keunggulan signifikan sebagai komponen yang lengkap dari keseluruhan strategi bisnis sebuah organisasi atau perusahaan. RMA ERM Council mulai berupaya untuk menciptakan panduan praktis untuk menerapkan kerangka manajemen risiko perusahaan yang kuat yang akan membantu institusi (dari berbagai ukuran) mengelola risiko mereka secara holistik.

RMA ERM Council mendefinisikan ERM sebagai “kemampuan manajemen untuk mengelola semua risiko bisnis dalam upaya memperoleh atau mencapai tujuan”. Dengan menjadikan hal tersebut sebagai panduan, perusahaan/ organisasi mengadopsi sebuah strategi yang akan membantu manajemen atau dewan direksi menjawab pertanyaan bisnis yang relevan mengenai risiko yang akan dihadapi perusahaan. Strategi bisnis dan cakupan risiko, tata kelola dan kebijakan, data dan infrastruktur risiko, pengukuran dan evaluasi, pengendalian lingkungan, respon, key risk indicator, risk appetite, dan stress testing.

Diskusi ERM Secara Gratis bersama Expert Proxsis

Manfaat dan Tujuan Implementasi ERM

Manfaat utama ERM adalah menambah perspektif dan fokus pada manajemen risiko di seluruh lini perusahaan, sementara tujuan implementasi dari ERM adalah membantu manajemen atau dewan direksi menjawab pertanyaan bisnis, seperti :

  • Apa saja risikonya terhadap strategi dan operasi bisnis (coverage)?
  • Seberapa besar risiko yang akan diambil (risk appetite)?
  • Bagaimana kita mengatur pengambilan risiko (budaya, pemerintahan, dan kebijakan)?
  • Bagaimana kita menangkap informasi yang kita butuhkan untuk mengelola risiko ini (data risiko dan infrastruktur)?
  • Bagaimana kita mengendalikan risiko (control environment)?
  • Bagaimana kita mengetahui ukuran berbagai risiko (pengukuran dan evaluasi)?
  • Apa yang seharusnya kita lakukan terhadap risiko ini (respon)?
  • Hal apa yang mungkin menghambat dalam proses bisnis perusahaan (stress testing)?
  • Bagaimana risiko tersebut saling terkait (stress testing)?

Bagaimana Proxsis Membantu Membangun Enterprise Risk Management (ERM)

Tim Proxsis Consulting adalah sebuah kombinasi dari para ahli yang memiliki latar belakang konsultan, praktisi dan akademisi lintas industri yang berkolaborasi membantu serta memberikan solusi yang komprehensif, best practice, serta bisa diterapkan oleh para klien-klien Proxsis. Kombinasi tersebut kami sebut dengan TRIPLE HELIX.

Melalui TRIPLE HELIX, Enterprise Risk Management (ERM) yang dibangun akan lebih komprehensif, best practice solution, mengintegrasikan beberapa standar seperti ISO 31000, COSO, BIS (Basel), dan yang paling utama adalah hasil pekerjaannya mudah dan bisa diterapkan.

Diskusi ERM Secara Gratis bersama Expert Proxsis

PENGALAMAN

TESTIMONI

DISKUSI ERM SECARA GRATIS BERSAMA EXPERT PROXSIS

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.

Inquiry