Perbedaan Perusahaan Konsultan Strategi dan Konsultan Operasi

Seseorang yang berkonsultasi di Perusahaan Konsultan Strategi dan Konsultan Operasi

Menggunakan layanan konsultan mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Konsultan bisa membantu perusahaan dalam mewujudkan perubahan secara transformatif. Untuk mencapai tujuan itu layanan yang bisa digunakan perusahaan adalah jasa konsultan strategi dan konsultan operasi.

Konsultan strategi dan konsultan operasi merupakan layanan yang berbeda. Meski keduanya dua hal berbeda, tetapi masih banyak orang menganggapnya sama. Sehingga dampaknya kadang tidak bisa mencapai hasil seperti yang diharapkan.Ā 

Lalu bagaimana perbedaan sebenarnya antara keduanya? Ikuti penjelasan sebagai berikut:

Apa Itu Konsultan Strategi?

Konsultan strategi membahas topik seputar strategi perusahaan atau organisasi. Pembahasannya mulai dari strategi perusahaan dan organisasi, kebijakan ekonomi, kebijakan pemerintah, dan strategi fungsional. Konsultan strategi umumnya melaksanakan pekerjaan yang ditugaskan oleh manajer puncak, seperti CxO, direktur, hingga manajer senior.Ā 

Sifat konsultasi strategi berbeda dari bidang lain karena lebih berorientasi pada implementasi dan operasional. Konsultan strategi umumnya memiliki profil yang berbeda dibanding konsultan lainnya. Fokus konsultan strategi lebih pada keterampilan kuantitatif / analitik. Deskripsi tugas mereka lebih banyak membahas seputar pemberian saran daripada mengawasi implementasi.

Apa Itu Konsultan Operasi?

Konsultan operasi tugasnya adalah untuk membantu klien meningkatkan kinerja operasi mereka. Kegiatan konsultasi segmen ini bervariasi mulai dari layanan konsultasi hingga dukungan implementasi langsung, untuk kedua fungsi utama. Misalnya konsultasi di bidang penjualan, pemasaran, produksi dll.

Selain itu, konsultan operasi membahas perihal yang sekunder seperti keuangan, SDM, rantai pasokan, TIK, hukum, dll. Konsultan Operasi membentuk segmen terbesar dalam cabang penasihat, dan mayoritas konsultan aktif di salah satu dari banyak area operasi yang mendasarinya.

Oleh karena operasi ini sering dikaitkan dengan sisi strategi dan teknologi perusahaan, konsultan operasi lebih aktif secara rutin bekerja bersama dengan pakar dari domain teknologi.

Baca juga:

Perbedaan Perusahaan Konsultan Strategi dan Konsultan Operasi

Perusahaan konsultan strategi dan perusahaan konsultan operasi memiliki perbedaan dalam memberikan layanan serta fokus yang berbeda. Simak penjelasan berikut terkait perbedaan antara perusahaan konsultan strategi dan perusahaan konsultan operasi:

  1. Fokus Layanan

Perusahaan konsultan strategi menaruh fokus pada analisis dan perencanaan strategis jangka panjang, yang terkait dengan visi dan misi perusahaan, tujuan jangka panjang, dan pengembangan inisiatif strategis.

Sementara itu, perusahaan konsultan operasi memiliki fokus pada perbaikan proses operasional perusahaan, seperti pengembangan proses bisnis, manajemen rantai pasokan atau supply chain management, dan operasi sehari-hari.

  1. Area Layanan

Perusahaan konsultan strategi tugasnya lebih banyak memberikan layanan yang bersifat konsultasi dan rekomendasi. Layanan ini fokus pada tataran kebijakan organisasi.

Sementara, perusahaan konsultan operasi lebih banyak memberikan layanan bersifat praktis dan fokus pada implementasi rekomendasi untuk perbaikan operasi perusahaan.

  1. Tujuan Bisnis

Perusahaan konsultan strategi memiliki tujuan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan jangka panjang serta menciptakan nilai tinggi bagi pemegang saham dan stakeholders perusahaan.

Sementara tujuan bisnis konsultan operasi ialah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan dengan visi meningkatkan keuntungan.

  1. Metodologi Layanan

Perusahaan konsultan strategi menggunakan metodologi dengan sifat yang lebih analitis dan teoritis dalam melakukan analisis dan memberikan rekomendasi.

Sementara itu, perusahaan konsultan operasi lebih mengandalkan pengalaman praktis untuk memberikan suatu solusi dan rekomendasi.

Itulah penjelasan tentang perbedaan antara konsultan strategi dan konsultan operasi. Pada praktiknya,Ā  perusahaan konsultan bisa menawarkan kedua layanan yaitu strategi dan operasi, namun biasanya mereka lebih fokus pada salah satu jenis layanan.

Pada akhirnya, pemilihan konsultan yang tepat akan mempengaruhi pencapaian perusahaan. Pemilihan perusahaan konsultan yang tepat tergantung pada kebutuhan dan tujuan organisasi.


Diskusi gratis dengan konsultan profesional:

  1. KONSULTASIĀ BUSINESS CONTINUITY MANAGEMENT (BCM) BERBASIS ISO 22301
  2. KONSULTANĀ ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) BERBASIS ISO 31000
  3. KONSULTANĀ ISO 37001 SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN (SMAP)
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.

Inquiry