Majukan UMKM, Rudi Maulana Bekali Pelaku Usaha soal Pemasaran Digital 4.0

Purwokerto – Founder Proxsis Consulting Group, Rudi Maulana, akan menggugah para pelaku usaha UMKM dengan materi pemasaran digital. Dengan semakin berkembangnya kecanggihan teknologi, konsep bisnis tersebut perlu diadopsi secara tepat.

Menurut dia, era berdagang sekarang sudah tidak perlu lagi menerapkan pola-pola konvensional, seperti tempat usaha dan modal. Banyak start up kini maju hanya dengan berbekal niat.

“Karena mengedepankan teknologi,” kata Rudi.

Materi ini akan disampaikan Rudi dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Usaha KUMKM pada Rabu, 13 Maret 2019 ini. Kegiatan ini digelar Kementerian Koperasi dan UKM di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng).

Direktur Proxsis Consulting tersebut akan bicara mengenai tema “Pemasaran Digital sebagai Kunci Sukses UKM di Era Revolusi Digital 4.0”. Peserta akan diajak melihat peluang-peluang bisnis dengan untung besar, namun modal minim.

“Karena tidak perlu lagi sewa tempat, atau punya modal untuk bahan baku,” ujar dia.

Dia mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi, semua lini usaha dapat dioptimalkan. Hanya saja, banyak yang tidak menyadari potensi tersebut. Rudi menilai, siapa pun yang dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman, akan semakin berjaya.

“Jika tidak, akan tergilas,” kata Rudi.

Intinya, menurut dia, dalam memasarkan sebuah produk penjualan, sebetulnya bisa melalui internet. Semisal, bergabung di toko-toko online ternama, atau lewat media sosial (medsos).

“Sekarang pesan ojek saja, hanya tinggal buka HP, untuk apa berjualan kita buka toko?” tutupnya.

No comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: