Meningkatkan dan Menjaga Standar Pelayanan Diskominfo Kota Tangerang dengan Audit Internal ISO 9001:2015

 

Oleh: Ajeng Diana Dewi Mursyidi, IT Consultant

Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) adalah sistem pengadaan barang atau jasa pemerintah yang dilaksanakan secara elektronik dengan memanfaatkan dukungan teknologi informasi. Sistem LPSE ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, mutu, dan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Dalam prosesnya LPSE juga harus menjaga standar pelayanannya, salah satu control untuk menjaga standar pelayanannya adalah dengan menerapkan ISO 9001:2015. Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika-Kota Tangerang dalam melakukan audit internal ISO 9001:2015.

ISO 9001:2015 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen). ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya. Dalam menerapkan ISO 9001:2015 Diskominfo Kota Tangerang memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan fokus dan konsisten memerhatikan kualitas layanannya. Dari manfaat ISO memberikan banyak perubahan positif bagi lingkungan internal maupun eksternal perusahaan.

Kegiatan yang dilakukan saat melakukan audit internal sesuai dengan klausul atau kategori yang telah ditetapkan di ISO. Tahapan nya:

  1. Membuat rencana dan jadwal audit
  2. Melakukan audit
  3. Pelaporan audit
  4. Melakukan tindak lanjut/perbaikan atas temuan yang ditemukan

Dengan menggunakan proses Audit Internal untuk fokus membantu meningkatkan proses, dan tidak hanya untuk menjaga kepatuhan terhadap standar, perusahaan dapat melihat nilai yang lebih banyak dari proses audit. Peningkatan proses adalah salah satu elemen kunci dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, dan harus menjadi salah satu motivator utama bagi perusahaan yang ingin menerapkan dan mempertahankan SMM yang baik. Peningkatan proses tidak hanya membantu efisiensi, tetapi juga menghemat waktu dan uang dalam prosesnya. Jika digunakan dengan benar, Audit Internal, alih-alih menjadi “momok,” dapat menjadi salah satu kontributor terbesar terhadap perbaikan proses dalam SMM.

Selanjutnya Diskominfo Kota Tangerang juga berencana untuk melakukan audit ISO 27001. Informasi mengenai ISO 27001 dapat lihat di: itgid.org

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.

Inquiry