Setiap orang pasti mendambakan kesuksesan. Sayangnya, kesuksesan bukanlah sesuatu yang mudah untuk diraih. Perlu perjuangan dan pengorbanan agar bisa meraih kesuksesan. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa meraihnya.

Banyak contoh orang-orang sukses yang ada di sekitar kita. Mereka pun terkadang dengan terbuka membagikan cerita perjuangannya. Mereka tidak dengan tiba-tiba berubah menjadi sukses tanpa adanya perjuangan. Beberapa di antara mereka bahkan harus menapaki kegagalan.

Ini 11 Hal yang Buat Kamu Gagal Sukses

Dari kisah-kisah para orang sukses, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Hal-hal tersebut dapat mendukung kita untuk meraih kesuksesan. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya kita lakukan agar bisa mencapai kesuksesan.

1. Menghindari Sifat Malas

Sifat malas harus kita hindari jika ingin meraih kesuksesan. Orang yang ingin mencapai kesuksesan harus mau bekerja keras demi mencapai tujuan. Memang adakalanya, rasa lelah menjadikan kita enggan untuk bekerja. Namun, rasa malas tersebut harus dilawan agar tidak menjadi penghambat meraih kesuksesan.

2. Tidak Mudah Puas

Untuk meraih kesuksesan, kita harus menanamkan pada diri sendiri untuk tidak mudah merasa puas. Ketidakpuasan tersebut mengarah kepada hal positif. Misalnya, saja jika seseorang bekerja dengan target, setiap bulannya jumlah target yang terselesaikan harus ditingkatkan.

3. Berani Mengambil Risiko

Tidak ada keberhasilan yang diraih tanpa adanya risiko. Jika kita mencoba membangun suatu usaha, kita berisiko mengalami kebangkrutan. Jika kita bekerja di sebuah perusahan, kita berisiko mengalami pemecatan. Risiko-risiko tersebut harus berani diambil yang nantinya bisa dijadikan pelajaran hidup.

4. Rela Berjuang Sekuat Tenaga

Untuk menjadi sukses, perjuangan memang diperlukan. Terkadang, kita harus rela bekerja lembur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya tenaga, perjuangan sekuat tenaga tidak jarang juga menyita waktu untuk bersantai. Meski demikian, kita tetap harus meluangkan waktu untuk bersantai sejenak agar pikiran kembali segar.

5. Berani Berbeda

Menjadi berbeda bukanlah hal yang mudah. Banyak orang akan membicarakan kita lantaran kita menjadi tidak umum. Akan tetapi, hal itu harus dijalani jika kita ingin sukses. Misalnya saja, jika kita membuka suatu usaha, berani berbeda menjadikan usaha kita memiliki ciri khas. Sebagai contohnya, jika kita membuat usaha jualan donat, kita harus bisa membuat donat kita berbeda dari yang lain. Bisa jadi, donat kita diberi warna hitam agar menarik perhatian konsumen. Dengan berani menjadi berbeda, kita juga akan menghindari predikat peniru.

6. Tidak Membuang Waktu untuk Mengambil Keputusan

Dalam hidup, kita sering dihadapkan pada momen untuk mengambil keputusan penting. Hal yang harus dihindari jika kita ingin mencapai kesuksesan adalah tidak membuang waktu untuk mengambil keputusan. Memang, kita harus cermat dalam mengambil keputusan, tetapi tidak boleh terlalu lama. Pasalnya, dengan menunda mengambil keputusan, akan ada pekerjaan yang ikut tertunda. Perlu manajemen waktu yang bagus agar setiap rencana tereksekusi dengan baik.

7. Mampu Menjadi Pengatur

Kita harus mampu menjadi pengatur untuk meraih kesuksesan. Pengatur yang dimaksud bukan berarti hanya mampu menyuruh orang lain melakukan sesuatu tanpa adanya timbal balik. Kita harus mampu mengatur waktu untuk melakukan berbagai aktivitas produktif. Kita juga harus mampu mengatur pekerjaan sesuai dengan prioritasnya. Terakhir, kita juga harus mampu mengatur orang lain dalam artian mengarahkannya untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu.

8. Bisa Fokus terhadap Banyak Hal

Tidak dipungkiri, orang sukses lebih banyak mengerahkan usahanya daripada orang lain. Salah satunya adalah berani untuk melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Pekerjaan yang dimaksud bukan berarti harus diselesaikan dalam satu waktu. Misalnya saja, jika kita bekerja kantoran, kita bisa mengisi waktu luang untuk membuka bisnis online atau bekerja secara freelance.

9. Berusaha Memuaskan Semua Orang

Tidak mungkin kita bisa memuaskan semua orang. Pekerjaan yang menurut kita baik belum tentu menurut orang lain baik. Kita hanya bisa menerima kritikan tersebut dan jika perlu memperbaikinya. Kita tidak perlu memuaskan semua orang karena itu hanya akan membuang waktu kita percuma.

10. Tidak Banyak Mengeluh

Sebagai manusia, rasanya mengeluh adalah hal wajar. Namun, kita perlu membatasi keluhan yang kita lontarkan. Keluhan dapat menyebabkan produktivitas menurun karena kita merasa tidak mampu melakukan banyak hal.

11. Tidak Terbayang-bayang Masa Lalu

Setiap orang pasti memiliki masa lalu. Beberapa di antaranya terjebak masa lalu karena sulit dilupakan. Jika ingin meraih kesuksesan, kita tidak boleh terbayang-bayang dengan masa lalu. Memang adakalanya, masa lalu harus diingat sebagai pelajaran hidup. Akan tetapi, tidak boleh menjadikan kita berhenti melangkah ke depan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari jika ingin meraih kesuksesan. Sebagai manusia biasa, terkadang memang kita tidak bisa selalu menghindari hal-hal yang sudah dipaparkan di atas. Akan tetapi, kita bisa berusaha untuk setidaknya meminimalisasi agar tidak melakukan hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

Kesuksesan bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk diraih. Setiap orang bisa dan berhak untuk meraih kesuksesan. Kita bisa meraihnya dengan berusaha dan berjuang.

Penulis:Ā Galih Wisnu Brata


Diskusi gratis dengan konsultan profesional:

  1. KONSULTASIĀ BUSINESS CONTINUITY MANAGEMENT (BCM) BERBASIS ISO 22301
  2. KONSULTANĀ ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) BERBASIS ISO 31000
  3. KONSULTANĀ ISO 37001 SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN (SMAP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

[yikes-mailchimp form=”2″]

[yikes-mailchimp form=”1″]