Video

Home Video

Menurut Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2015 yang menyatakan bahwa seluruh professional di bidang migas, diwajibkan memiliki sertifikat kompetensi BNSP berdasarkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).  BNSP adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi di Indonesia, satu-satunya lembaga yang diberikan wewenang oleh pemerintah untuk mensertifikasi seluruh professional, karyawan, pekerja, yang bekerja di wilayah Indonesia baik warga negara Indonesia atau Asing.

Edisi kelima standar sistem manajemen mutu (SMM) internasional ISO 9001 terbit pada bulan September 2015 menggantikan edisi keempat yang terbit pada tahun 2008. Di antara berbagai perubahan yang dibawa oleh standar baru ini, perubahan pada prinsip manajemen mutu merupakan salah satu perubahan yang perlu untuk dipahami. ISO 9001:2015 mengubah delapan prinsip manajemen mutu pada ISO 9001:2008 menjadi tujuh prinsip. Ketujuh prinsip ini dikenal dengan jembatan keledai “CLEPIER” (customer, leadership, engagement, process, improvement, evidence, relationship).

Di zaman sekarang setiap orang dituntut harus punya sertifikat keahlian. Walaupun banyak lulusan S1 tapi tidak ada sertifikat juga tidak akan digunakan. Memang membuat sertifikat itu tidak murah, tetapi kalau kita bisa memanfaatkan setifikat itu sebaik mungkin bisa menjadikan penghasilan yang luar biasa. Seorang pekerja di bidang migas, untuk dapat mencapai tingkat jabatan sesuai dengan yang telah ditetapkan pada Standar Nasional Indonesia (SNI ) harus mengikuti kompetensi tenaga teknik khusus migas. Kompetensi personel ini merupakan persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh pemegang. Jabatan tenaga teknik khusus (TTK) minyak dan gas bumi pada seluruh bidang yang berkaitan.

IATF 16949 merupakan metamorfosis dari quality management standard industri otomotif sebelumnya yaitu, ISO/TS 16949:2009. ISO/TS 16949:2009 yang lalu selama ini memasukkan persyaratan ISO 9001:2008 menjadi bagian persyaratannya dan ikut mengalami perubahan seiring perubahan standar ISO 9001:2008 menjadi versi terbaru yaitu ISO 9001:2015. Sehingga quality management standar untuk industri automotive ini pun berubah nama menjadi IATF 16949:2016. Lalu apa saja yang berubah dari standar tersebut? Mari simak penjelasan dari Bapak Edward Librianus Konsultan Senior Proxsis Productivity Quality mengenai standar baru IATF 16949.

Apa Saja Dampak Bagi Perusahaan yang Belum Beralih ke ISO Terbaru?
Perubahan cukup mendasar dan strategic, ISO 9001 terdahulu di perbaharui ke thn 1994, 2000, 2008 dan terakhir tahun 2015. ISO terdahulu lebih kepada clausul based ini artinya bahwa organisasi harus mengadopsi persyaratan sesuai dengan klausulnya. Versi 2000 dan 2008 menjadi process based dimana organisasi harus menemukan prosesnya kemudian bisa ditentukan proses apa yang tepat. Dalam Video ini Bapak Roni Sutrisno, Konsultan Senior Proxsis Productivity Quality akan menjabarkan secara singkat dampak-dampak bagi perusahaan yang sudah dan belum mengimplementasikan ISO 9001 : 2015.

Risk and Opportunity dalam sebuah organisasi sering disandingkan dengan kesempatan, sehingga Risiko and Opportunity bagaikan dua sisi dalam mata uang yang berbeda. Semua organiasai harus melakukan pengelolaan risiko agar aturan-aturan organisasi dapat tercapai. IT merupakan bagian dari IT tentunya mempunyai risiko-risiko, baik dalam berbentuk aset atau proses bisnis yang tentunya menjadi risiko dari perusahaan tersebut. Lalu apa saja prinsip yang harus dimiliki oleh manajemen risiko? Mari simak penjelasan dari Bapak Andrianto Moeljono Konsultan Senior – Proxsis IT mengenai pengelolaan risiko IT di perusahaan..

BBS dalam 10 tahun terakhir sudah dikenalkan bahkan dipraktekan di beberapa perusahaan. Behavior bisa diartikan dengan definisi observable act ataupun tindakan yang diamati behavior dalam bahasa indonesia sebagai perilaku, adalah sesuatu tindakan yang dapat diamati. Dalam dunia industri yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja lebih kurang dari 96% penyebab kecelakaan disebabkan oleh tindakan yang tidak aman. Apa saja yang menjadi faktor kegagalan manusia? Mari simak video yang akan membahas tentang Behavior Based Safety oleh Bapak Fahmi Munsah – Senior Consultant Proxsis Sustainability.

Life At Proxsis

 

Company Profile Proxsis Consulting Group