Inovasi dalam Business Life Cycle

Tantangan baru bisnis saat ini adalah digital transformation sebagai tambahan dari tantangan klasik yaitu kompetitor atau follower yang mengikuti produk maupun layanan kita. Namun, jika bisnis mati, yang salah bukan dunia digital dan bukan pula kompetitor. Tetapi yang salah adalah kurangnya ide-ide dalam inovasi bisnis.

Rudi Maulana, Founder and Board of Advisory Proxsis Group memaparkan mengenai inovasi yang dibutuhkan di dunia bisnis khususnya di era digital

“Inovasi sudah lama dibutuhkan dalam dunia bisnis. karena siklus bisnis membutuhkan inovasi. Ketika ada growing anda butuh inovasi. ketika anda mulai mature, anda juga butuh inovasi untuk bisa tumbuh lagi. Bisnis yang sudah mature bisa mati karena kurangnya inovasi” menurut Rudi Maulana, Founder and Board of Advisory Proxsis Group.

Proxsis dikenal sebagai perusahaan baru yang banyak melakukan inovasi, sehingga bisa menjadi market leader dalam waktu singkat. Namun tidak serta merta puas seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa inovasi harus selalu dilakukan untuk tetap tumbuh. Innovation or die.

Roni Sutrisno, Board of Advisory and Chairman Proxsis Consulting Group

Quarter 3 review kali ini bukan hahya membahas hasil bisnis dalam Quarter 3, tapi juga mebahas ide-ide inovasi untuk menyambut tahun 2018. “Kalau kita mulai merencanakan tahun 2018 di akhir tahun atau di bulan januari, maka kita sudah terlambat. Karena semua rencana butuh persiapan” tambahnya. Menurut Rudi Maulana inovasi yang dibutuhkan Proxsis atau dalam bisnis apapun harus mencakup 5 aspek, yaitu:

  1. Produk dan cara menjual produk (Marketing)
  2. Cashflow
  3. Team
  4. System dan Process
  5. Culture of innovation

Perusahaan tidak hanya butuh sekedar inovasi tetapi juga butuh budaya inovasi. Harus ada sikap dalam melihat inovasi sebagai kebutuhan dan rutinitas. Dalam Q3 review yang berlangsung pada di Proxsis Corporate Academy tanggal 27 Oktober 2017 semua business unit leaders dan director memaparkan rencana-rencana inovasi masing-masing lalu peserta akan memberikan challange dan ide tambahan. Selain itu juga Quarter Review diisi dengan pemaparan mengenai digital business strategy.

Pemaparan strategi bisnis di dunia digital

Selama 3 bulan akan dimulai persiapan dan juga disempurnakan. Sehingga hari pertama di tahun 2018 sudah bisadapat berjalan sesuai dengan rencana dari masing-masing leader. Business leader juga harus terus belajar hal-hal baru.

Smart leader Smart company

“Saya berharap di tahun 2018 Proxsis semakin sukses lagi bisnisnya dan sukses juga bagi biz leader dalam mengembangkan diri di Proxsis. Smart leader Smart company” tutupnya. Salam Proxsis WoW!

 

No comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: