Kegigihan dan Kebulatan Tekad PLN dalam Menerapkan 5R

Apakah gerakan 5R/ 5S itu? Pada dasarnya, gerakan ini merupakan kebulatan tekad untuk mengadakan pemilahan di tempat kerja, mengadakan penataan, pembersihan, memelihara kondisi yang mantap dan memelihara kebiasaan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.

Nama 5S berasal dari huruf pertama istilah Jepang, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke, yang menjadi semboyannya. Karena istilah ini mungkin sukar diingat oleh orang non-Jepang, maka diterjemahkan menjadi Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. 5R tidak begitu sulit untuk dipahami. Tetapi 5R sangat sulit untuk dilaksanakan dengan benar. 5R memerlukan kegigihan dan kebulatan tekad. 5R memerlukan usaha yang terus-menerus. 5R memerlukan kesanggupan untuk melihat apa yang penting dan memberikan perhatian secara mendetail. 5R mungkin tidak akan memberi hasil yang dramatis, tetapi pasti memberikan hasil. 5R memberikan hasil dalam istilah praktik kerja yang lebih mudah. 5R memberikan hasil dalam hal berkurangnya pemborosan waktu. 5R memberikan hasil dalam hal kebanggaan karyawan atas pekerjaannya. Dan 5R memberikan hasil dalam produktivitas yang lebih tinggi dan mutu yang lebih baik karena orang yang mempedulikan pekerjaannya melaksanakan tugasnya dengan lebih baik.

Tujuan pelatihan ini agar peserta memahami dan dapat mengimplementasikan Program 5S/5R dan peserta dapat menyusun program kerja untuk implementasi 5S/5R. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta dan Tim 5S/5R dapat segera menyusun rencana kerja beserta implementasinya secara benar sesuai dengan standarisasi operasional dan mendapatkan ‘Lesson Learn’ untuk kelanjutan implementasi 5S/5R secara mandiri untuk membantu mempercepat proses terwujudnya budaya kerja 5S/5R di lingkungan perusahaan.

Pelatihan 5R tidak begitu sulit untuk dipahami. Tetapi 5R sangat sulit untuk dilaksanakan dengan benar. 5R memerlukan kegigihan dan kebulatan tekad. 5R memerlukan usaha yang terus-menerus. 5R memerlukan kesanggupan untuk melihat apa yang penting dan memberikan perhatian secara mendetail.

PT. PLN Persero Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Tengah bersama IPQI Training Center member of Proxsis telah melaksanakan pelatihan Management 5R tanggal 15 – 16 Agustus 2017 dengan tujuan agar semua karyawan dapat mengidentifikasi tempat kerja mana saja yang akan dilakukan perbaikan dengan cara yang benar dan menjadi suatu kebiasaan.

No comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: