Management Information System

Management Information System (MIS), adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber, termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih. MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak perusahaan.

Tujuan dari MIS sendiri adalah :

  1.  Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Output dari MIS antara lain :

  1. Scheduled report : laporan yang dibuat secara berkala, atau pada jadwal yang telha ditetapkan, seperti harian, mingguan, atau bulanan.
  2. Key-indikator report : ringkasan kegiatan kritis hari sebelumnya
  3. Demand report : laporan yang dibuat untuk memberikan informasi tertentu atas permintaan seseorang.
  4. Exception report : laporan yang dibuat secara  otomatis ketika situasi mendadak (tidak biasa) atau memerlukan tindakan manajemen
  5. Drill-down report: laporan yang menyediakan data sedetail mungkin tentang suatu hal.

1 Comment. Leave new

asa a bodjanegara
November 26, 2016 9:34 pm

Saya tertarik dengan Management Information System, apakah ada trainingnya ? Apabila ada apakah saya bisa mendapat informasi lebih detail mengenai ini, seperti : jadwal, silabus dan biaya ?

Terima kasih

Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: